MAKAN IKAN UNTUK KEMAJUAN BANGSA

Baru-baru ini ada twit viral dari Kementrian Kelautan & Perikanan RI. Twit tersebut berbunyi “Menteri @susipudjiastuti ngingetin, jangan lupa makan ikan yak. Awas kalo ngga makan ikan nanti ditenggelamkan!

 Sebenarnya apa sih pentingnya makan ikan sehingga menjadi perhatian penting untuk Menteri Susi?

 Ikan, terutama ikan laut, merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, dan merupakan sumber penting asam lemak omega 3. Beberapa manfaat yang didapat dari mengkonsumsi ikan adalah mengurangi resiko terhadap penyakit jantung koroner, kanker, kolesterol, depresi, dan meningkatkan kualitas sperma.

 Hasil penelitian para peneliti dari University of Pittsburgh School of Medicine menunjukkan, mengonsumsi ikan yang dipanggang, berapapun kandungan asam omega tiganya, sekali dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan otak. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine ini, orang yang mengosumsi ikan panggang memiliki materi abu-abu (yang bertanggung jawab untuk memori) di daerah otak, yang lebih luas, yakni 4,3 persen dan kognisi (14 persen) daripada mereka yang tidak mengonsumsi ikan secara rutin. Mereka juga lebih cenderung mengenyam pendidikan tinggi dibandingkan orang yang tidak rutin mengonsumsi ikan..

 Sebagai negara maritim terbesar di dunia, konsumsi ikan di Indonesia masih sangat jauh dari harapan. Warga Jepang mengkonsumsi ikan sebanyak 110 kg per kapita per tahun. Sedangkan warga Indonesia, baru mengkonsumsi 40 kg per kapita per tahun. Konsumsi ikan yang tinggi di Jepang juga menjadi penyebab mengapa mereka pintar.   Kandungan lemak omega-3 yang tinggi pada ikan, mampu mendorong tubuh untuk membentuk lebih banyak sel otak.

Jika konsumsi ikan menjadi bagian dari kebiasaan bangsa Indonesia, bukan tidak mungkin tingkat kecerdasan anak-anak Indonesia akan menyamai bangsa Jepang. Dengan demikian, Indonesia lebih cepat melangkah dari status sebagai negara berkembang menjadi negara maju. Karena anak yang cerdas merupakan penentu kemajuan bangsa.

Jadi.. mulailah makan ikan sejak hari ini.

 

 

sumber :

www.antaranews.com

lifestyle.kompas.com

bangka.tribunnews.com

 

 

Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.
Perkantoran Pulo Mas Satu, Gedung V Lantai 4, Jalan Ahmad yani No. 2 RT. 003 RW. 013 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur DKI Jakarta 13210
Phone: 6221-4752920
Fax: 6221-4892659
Email: cs@lawsim.com